Tips Wawancara Kerja Lengkap

Untuk mendapatkan pekerjaan yang layak memang impian semua semua orang, namun tak sedikit pula yang terus mengami kegagalan atau penolakan pada saat melamar pekerjaan. Maka dari itu sebaiknya kita mempelajari teknik-teknik bagaimana agar mudah diterima kerja. Salah satunya adalah dengan mengetahui Tips Wawancara Kerja yang baik, melakukan persiapan sebelum melamar kerja dan lain-lain. 
Tips Wawancara Kerja

A. Faktor-Faktor Bisa Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

1. Fakotor Keberuntungan
Mungkin ada diantara kita yang bingung karena sudah beberapa kali melempar surat lamaran tetapi tidak pernah mendapatkan pekerjaan yang di inginkan, tapi ada sebagian orang yang hanya sekali melamar langsung di terima dan mendapatkan posisi yang bagus pula di tempat ia bekerja. Ini merupakan salah satu fenomena yang sering kita jumpai, dan inilah yang namanya faktor keberuntungan atau hoki. Memang benar rezeki, jodoh, dan maut sudah atur sama yang di atas, tapi terlepas dari itu semua kita harus tetap berusaha untuk mendapatkan semua itu.
2. Karena Orang Dalam
Mempunyai orang dalam bisa mempermudah kamu Agar Cepat Di Terima Kerja. Maksud orang dalam disini adalah mempunyai seseorang yang kamu kenal baik di tempat kamu akan melamar pekerjaan, seperti saudara, teman/sahabat dan lain-lain. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk memperoleh info penting dari mereka tentang pekerjaan yang kamu lamar, mereka juga bisa merekomendasikan nama kamu untuk diterima sebagai karywan di perusahaan tersebut.
3.  Skill (keahlian)
Diposisi ketiga adalah mempunyai Skill (keahlian) dibidang pekerjaan yang akan kamu lamar. Misalkan sebuah perusahaan membutuhkan karywan baru dibagian keuangan, ya kamu harus ahli di bidang akuntan. Meskipun belum punya pengalaman setidaknya kamu harus sarjana akuntansi.

B. Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Melamar Kerja

Membuat Surat Lamaran yang Baik dan Benar
Membuat surat lamaran pekerjan yang baik dan benar perlu kamu perhatikan, jangan sampai di kop (kepala) surat saja ada yang salah, kalau hal ini terjadi penilaian pihak perusahaan terhadap kamu berkurang. Selain surat lamaran, Pembuatan CV (curriculum vitae) juga harus ditulis dengan benar, sebaiknya sertakan juga pengalaman kerja kamu terdahulu, agar mudah di terima kerja.
Mencari Informasi
Carilah Informasi atau Bocoran sebanyak-banyaknya. Cari informasi dari berbagai sumber seperti orang
dalam (jika punya) atau dari Internet. Dengan memperoleh informasi yang banyak, akan mempermudah
kamu pada saat menjalani seleksi tes nantinya, atau jika kamu bisa mendapatkan bocoran mengenai materi apa yang diberikan pada saat seleksi tes nanti ini akan lebih mudah lagi buat kamu untuk mempersiapkan bahan sebanyak-banyaknya agar mudah di terima kerja.

C. Tips Saat Wawancara Kerja  (Interview Tes)

Jika perusahaan sudah menerima dan menyeleksi surat lamaran kerja, biasanya perusahaan tersebut akan memanggil para pelamar kerja untuk melakukan beberapa tes, yaitu Interview Tes (tes lisan) dan Tes Tulisan untuk kemudian diterima bekerja di perusahaan. Maka dari itu pada saat menjalani tes tersebut kamu harus punya persiapan supaya mudah diterima kerja.
a. Tips Wawancara (Interview Tes)
1. Penampilan
Untuk Pria >>
- Gunakan kemeja lengan panjang dan celana kain hitam
- Jika memakai dasi, sesuaikan dengan kemeja yang kamu pakai
- Pakai sepatu pantofel dengan kaus kaki hitam juga
Untuk Wanita >>
- Gunakan kemeja serta memakai blezer berwarna hitam gelap
- Hindari make-up yang berlebihan
- Hindari penggunaan warna yang berlebihan
- Tatanan rambut harus rapi
- Pakai sepatu pantofel
2. Body Language
Saat Berdiri >>
- Badan Harus Tegap (tidak membungkuk)
- Kedua tangan disamping
- pandangan mata ke depan (hindari melihat ke kiri, kanan dan belakang)
- Kedua tangan disamping (hindari gerakan tangan tambahan seperti menggaruk)
Saat Duduk >>
- Badan Harus Tegap
- Posisi duduk jangan menyender di bangku belakang
- Kedua tangan dibawah (jangan diatas meja)
- pandangan mata kedepan (kontak mata)
3. Tatanan Bahasa
- Gunakan bahasa yang jelas dan mudah di mengerti
- Bicaralah dengan tenang dan rileks dengan intonasi suara yang tepat
b. Persiapan Tes Tulisan
Pada saat tes tulisan sebenarnya hanya perlengkapan tulis saja yang perlu kamu persiapkan. karena persiapan untuk tes tulisan ini hanya bisa kamu siapkan justru sebelum kamu menjalani tes tersebut, dengan mencari materi atau informasi sebanyak-banyaknya seperti yang sudah dibahas diatas.

D. Jangan Lupa Berdoa

Terakhir, berdoa pada Tuhan yang punya kuasa supaya kamu diterima kerja di perusahaan tersebut. Karena terlepas dari semua yang dibahas diatas hanya dengan kehendak Tuhan-lah kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau apapun yang kamu inginkan.

Previous Page Next Page Home

Comment Policy : Jika anda punya pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik dan bijak. Dilarang keras berkomentar dengan unsur kekerasan, porno, provokasi dan rasis, jika ada komen yang demikian akan segera dihapus oleh admin.

2 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT. Pertamina EP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama brader. terima kasih juga sudah mampir!

      Delete

Top