Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah dan Alami

Insomnia merupakan salah satu penyakit yang apabila dialami oleh seseorang akan menyebabkan sipenderitanya mengalami kesusahan untuk tidur khususnya pada saat malam hari. Dampak dari Insomnia (susah tidur) bagi si penderitanya bisa bermacam-macam, dampak yang umum dari orang yang mengalami insomnia yang sering terjadi seperti tidak fokous, kemalasan, sering mengalami sakit kepala dan lain-lain. Kalau hal ini dialami dalam jangka panjang tentu akan berbahaya bagi penderita insomnia.
Cara Mengatasi Insomnia atau susah tidur
Sebelum anda mencari solusi dari masalah insomnia anda. Sebaiknya kita analisa dulu apa kira-kira penyebab anda mengalami insomnia atau susah tidur, kapan anda mulai mengalami insomnia? saya kira jawabannya ada pada diri anda masing-masing. Kalau itu sudah diketahui tentu akan membantu anda dalam mengatasi insomnia yang anda alami. Proses analisa ini menurut saya penting daripada langsung mencari solusinya, karena jangan sampai istilahnya: "orang yang sakit kepala dikasih obat sakit perut".

Sekedar informasi buat anda, saya dulunya pernah mengalami Insomnia beberapa bulan, dan Alhamdulillah sekarang sudah tidak lagi. Cara saya mengatasinya pun tidak langsung dengan resep dokter alias non-medis, saya hanya menganalisa apa penyebab tiba-tiba saya mengalami insomnia alias susah tidur pada jam normal. Hasil analisa sayapun menemukan beberapa faktor yang menurut saya merupakan penyebab utama terjadinya insomnia pada diri saya. 

Faktor tersebut diantaranya adalah beberapa bulan terakhir saya sering melakukan permainan atau game online di malam hari, dan itu bisa menimbulkan dampak domino untuk melakukan hal-hal lainnya yang bisa menyebabkan gejala insomnia seperti: menatap layar komputer berjam-jam pada malam hari, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dimalam hari seperti minum kopi dan lain-lain, terlalu banyak merokok dan sebagainya. Dari aktifitas saya dimalam hari tersebut juga berdampak pada keesokan harinya seperti bangun telat yang juga akan berdampak pada makan yang tidak teratur lagi. Dari hasil tersebut kemudian saya mengatasinya dengan cara berikut ini.

Cara mengatasi insomnia dengan merubah pola hidup

  1. Mengurangi main game online pada malam hari.
    Setelah saya analisa ternyata dampak dari bermain game online yang terlalu lama pada malam hari bisa menimbulkan Insomnia, akhirnya saya kurangi hal tersebut sampai 80% yang otomatis hal-hal lainnya juga ikut berkurang seperti banyak ngopi, merokok dan sebagainya.
  2. Mengurangi menatap layar komputer atau Televisi
    Untuk menatap layar komputer tidak mesti harus main game, seperti menonton bioskop pada malam hari terutama menjelang tidur juga sama. Atau menonton acara Televisi terlalu lama juga akan berdampak pada mata untuk susah terlelap, karena gelombang cahaya yang diterima mata dari layar komputer atau televisi membuat mata kita susah untuk tertidur. Maka kurangilah hal tersebut saat menjelang tidur.
  3. Mengurangi minum kopi pada malam hari
    Dari namanya saja kita sudah pasti tau kalau kopi itu bisa menahan rasa ngantuk, maka dari itu hindari mengkonsumsi kopi pada malam hari terutama pada jam 10 keatas.
  4. Mengurangi merokok pada malam hari
    Sebenarnya tidak hanya pada malam hari, setiap saatpun rokok itu tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun kalau sudah kecanduan mau gimana lagi tetap merokok juga. Percaya atau tidak Rokok juga bisa membuat mata kita untuk susah terlelap, apalagi sambil meminum kopidan kurang mengkonsumsi aur putih. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia khususnya bagi perokok adalah dengan menguranginya pada malam hari, usahakan satu jam sebelum tidur tidak ada rokok lagi.
Setelah saya melakukan empat hal diatas apa yang terjadi pemirsa? sayapun kembali bisa tidur pada jam normal dan Insomnia pun hilang.

Diatas merupakan pengalaman terjadinya Insomnia pada saya dan empat macam cara saya mengatasinya sesuai dengan penyebabnya. Namun saya yakin setiap orang yang mengalami Insomnia pasti mempunyai penyebab yang berbeda-beda, maka dari itu dibawah ini ada beberapa alternatif lain yang bisa anda coba untuk mengatasi insomnia yang terjadi pada diri anda.

Cara mengatasi Insomnia dengan mudah dan alami

  1. Selaraskan kerja otak dan kerja otot
    Maksud selaraskan otak dengan otot disini adalah bila anda melakukan aktifitas atau kerjaan yang sebagian besar didalam ruangan ataupun di depan komputer, sehingga hanya otak saja yang banyak bekerja tetapi tidak dengan otot atau tubuh anda, dan itu akan menyebabkan beban pikiran yang berlebihan dalam otak kita sehingga akan mengalami gangguan tidur atau insomnia. Maka dari itu ada baiknya anda lebih aktif dengan kegiatan bersifat fisik (hitung2 olah raga) agar tubuh bisa mengeluarkan keringat dan dengan sendirinya tubuh akan membutuhkan istirahat pada malam hari.
  2. Melakukan olah raga di pagi hari
    Kenapa olah raga di pagi hari? Menurut beberapa pakar kesehatan, berolah raga pada pagi hari jauh lebih baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia dan juga bisa melawan stres yang terjadi pada seseorang. 
  3. Komsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna
    Dalam menjalani kesibukan masing-masing, terkadang kita lupa akan hal-hal dasar seperti mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 senpurna, atau bahkan makan saja sudah teratur lagi. Yang itu semua merupakan hal-hal yang bisa menimbulkan gejala insomnia.
  4. Jangan menonton TV sesaat sebelum tidur
    Seperti yang sudah dikatakan diatas, memandang terlalu lama layar televisi ataupun layar komputer juga akan mengakibatkan seseorang susah tidur. Hal itu dikarenakan oleh gelombang cahaya yang diterima oleh mata yang terlalu lama menatap layar. Kurangi hal itu, kalau bisa satu jam sebelum waktu tidur sudah tidak ada lagi layar TV ataupun komputer, ini berlaku juga pada layar gadget atau smartphone. 
  5. Jadikan tempat tidur khusus untuk tidur
    Kenapa saya bilang demikian? banyak sekali orang yang melakukan beberapa aktivitas di tempat tudur seperti berbelanja online, main sosial media sampai berjam-jam dengan gadget-nya dan sebagainya. Untuk orang-orang yang tidak mengalami gangguan tidur ini tidak masalah, tapi hal tersebut akan jadi masalah bagi anda yang mengalami Insomnia.
Selain lima hal diatas, usahakan juga untuk tidur sebelum jam 12 keatas, karena orang yang mengalami Insomnia akan semakin sulit untuk tidur jika start tudurnya diatas jam 12 malam. Hanya itu saja yang bisa saya bagikan dengan anda, mudah-mudahan apa yang saya tulis diatas mengenai Cara Mengatasi Insomnia dapat memberikan manfaat untuk anda yang membacanya. 

Comment Policy : Jika anda punya pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik dan bijak. Dilarang keras berkomentar dengan unsur kekerasan, porno, provokasi dan rasis, jika ada komen yang demikian akan segera dihapus oleh admin.

0 komentar:

Top