Imsomnia : 10 Cara Mudah Atasi Susah Tidur Malam Secara Alami

Cara Mengatasi Susah Tidur Di Malam Hari - Tubuh manusia juga perlu untuk istirahat setidaknya perlu untuk tidur 8 jam selama sehari semalam. Tidur merupakan sesuatu yang mudah di lakukan, akan tetapi untuk benar-benar tertidur lelap tidak semua orang bisa melakukannya. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya karena faktur makanan atau miniman yang di konsumsi, tidur siang terlalu lama atau karena memang memiliki riwayat susah tidur malam yang di sebut Insomnia. Untuk yang yang mengalami gejala susah tidur malam atau insomnia, berikut ini adalah 10 langkah yang patut anda coba untuk mengatasi insomnia anda.
Cara Mudah Atasi Susah Tidur Malam Secara Alami

10 Cara Mudah Atasi Insomnia Secara Alami

1. Kepalkan jari-jari kaki
Direktur Institute of Naturopathic Sleep Medicine di seattle menyarankan saat anda mulai bersiap untuk tidur, cobalah teknik relaksasi progresif ini. Tekuk jari-jari kaki anda dalam tujuh hitungan kemudian lepaskan. Ulangi melalui masing-masing kelompok otot, di mulai dari jari-jari kaki hingga ke leher.

2. Bersantai Sebelum tidur
Berikan waktu untuk tubuh anda minimal 30 menit sebelum pergi ketempat tidur.Matikan komputer, televisi, video game dan gadget anda atau segala sesuatu yang merangsang anda untuk melakukan aktifitas, biarkan pikiran anda beralih dari modus kerja ke modus tidur. 

3. Hindari Cahaya Saat Tidur
Cahaya sangat mempengaruhi proses produk dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya. Untuk menghindari cahaya matikan televisi, komputer atau handphone minimal setengah jam sebelum tidur.

4. Atur Jadwal Tidur Anda
Sebisa mungkin aturlah tidur dan aktifitas anda sama setiap harinya. Rutinitas seperti ini akan membuat tubuh dan otak pada siklus yang sehat. Dengan demikian anda akan dapat tidur nyenyak sepanjang malam.

5. Bersihkan Tempat Tidur Secara Teratur
Alergi yang dapat menyebabkan bersin-bersin, pilek ataupun gatal-gatal dapat menyebabkan tidur anda terganggu. Hal itu mungkin saja dikarenakan tempat tidur anda yang seiring waktu terpenuhi dengan debu, kutu dan hal-hal yang menyebabkan alergi lainnya. Bersihkanlah tempat tidur anda dalam jangka waktu tertentu secara teratur.

6. Hindari Tidur Siang Terlalu Lama
Jika anda punya masalah dengan Insomnia. Berhati-hatilah terhadap waktu tidur siang anda, meskipun itu dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang kekurangan waktu tidur anda. Akan tetapi tidur siang terlalu lama akan berdampak terhadap lamanya datang waktu ngantuk pada malam harinya.

7. Hindari Melihat Ke Arah Jam Terus Menerus
Bila anda terus menerus melihat ke arah jam saat larut malam, pikiran relaksasi anda untuk bisa tidur akan terganggu. Anda akan terus menerus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur malam anda sebelum anda memulai aktifitas besok harinya. 

8. Hinda Cafein Minimal 6 Jam Sebelum Tidur
Mungkin untuk sebagian orang kopi di pagi hari bagus untuk memulai aktifitasnya. Namun Bagi anda yang mengalami insomnia ada baiknya untuk menghindari minum kopi mulai jam 4 sore ke atas. Anda perlu menghindari makanan atau minuman yang mengandung cafein, kurangi juga mengkonsumsi coklat, cola dan lain-lain yang dapat menyebabkan tidur anda terganggu.

9. Gunakan Aroma Terapi
Minyak aromaterapi seperti chamomile, juniper, lavender, marjoram, mawar dan kayu cendana memiliki efek sedatif (menenangkan) ketika di hirup. Gosokkan sedikit aromaterapi pada bagian dalam pergelangan tangan atau pada pelipis kemudian hiruplah aromanya hingga membuat pikiran anda tenang seperti terhanyut.

10. Gunakan Obat Tidur Sesuai Resep Dokter
Bagi kebanyakan penderita Insomnia atau susah tidur di malam hari, cara yang paling sering ditempuh untuk mengatasi insomnia yaitu dengan menggunakan resep dokter. Jika Upaya-upaya lain sudah dilakukan tidak ada salahnya untuk menggunakan resep dokter untuk mengatasi insomnia yang anda derita, tapi berhati-hatilah dalam menggunakannya. Obat tidur dapat membuat anda kecanduan dan memilki efek samping yang mengganggu. Idealnya, obat tidur digunakan dalam jangka waktu yang pendek, bukan untuk jadi gaya hidup sehari-hari.

by - Afimi Chimmy

Comment Policy : Jika anda punya pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik dan bijak. Dilarang keras berkomentar dengan unsur kekerasan, porno, provokasi dan rasis, jika ada komen yang demikian akan segera dihapus oleh admin.

0 komentar:

Top