Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7, 8 dan 10

Semua komputer atau laptop pasti mengalami kinerja yang lambat, maka dari itu perlu bagi kita untuk mengatasi Komputer / Laptop yang lambat agar laptop lebih cepat. Penyebab yang mempengaruhi komputer jadi lambat antara lain adalah Banyaknya file sampah yang terinstall ketika menginstall suatu aplikasi dari internet, karena biasanya ketika menginstall suatu aplikasi secara online akan ada file lainnya yang ikut terinstall sehingga penggunaan memory jadi lebih banyak.

Salah satu Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lambat dengan membersihkan semua file yang tidak diperlukan dari komputer anda dengan aplikasi "Glary Utilities". Sangat disarankan bagi pengguna komputer / laptop untuk mendownload dan menginstall aplikasi ini karena sangat banyak manfaatnya, yang paling handal dari aplikasi ini adalah bisa mengembalikan File yang telah terhapus (bahkan yang sudah tidak ada di Recycle Bin).


Untuk mengunduhnya cari aja di Google "Glary Utilities" anda dapat mengunduhnya secara gratis, agar lebih bagus pilih yang Pro. Jika sudah punya, perhatikan langkah langkah untuk mempercepat kinerja laptop di bawah ini.

1 dari 2: Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Aplikasi

  1. Pertama buka aplikasi "Glary Utilities" pilih menu "Maintenance" kemudian klik "Scan for Issues"
  2. Setelah beberapa saat hasil Scan akan terlihat, dan anda dapat mengetahui dimana saja yang bermasalah. Untuk membersihkannya silahkan klik "Repair Problems".
    Cara Mempercepat Kinerja Laptop
  3. Masih menggunakan Glary Utilities, pilih menu "Advanced Tools" >> "Clean Up & Repair" dan klik "Disk CleanUp" tunggu hingga proses scan selesai, setelah itu dapat dilihat berapa penggunaan memory yang tidak diperlukan. Lihat gambar
    Cara Mempercepat Kinerja Laptop
    Untuk membersihkannya klik " Start Cleaning". Agar laptop jadi lebih cepat.
  4. Gunakan juga fitur "Registry Repair" yang berada dibawah Disk CleanUp. Ini bertujuan untuk membersihkan file registrasi atau file yang gagal terinstall.
  5. Gunakan fitur Defragment. Pilih menu "Optimize & Improve" >> "Disk Defrag" dan klik "Defrag". Sebenarnya pada sytem windows juga tersedia fitur Defragment ini.

2 dari 2: Cara Mempercepat Kinerja Laptop pada System Windows

  1. Mematikan aplikasi yang tidak di perlukan pada windows start up. Caranya tekan "Logo Windows + R" kemudian ketikkan "msconfig" dan tekan Enter/OK. Setelah itu muncul pop up System Configuration, hilangkan centang pada aplikasi yang tidak di perlukan. Perhatikan gambar dibawah.
    Cara Mempercepat Kinerja Laptop
    Dengan demikian penggunaan memory lebih sedikit sehingga kinerja laptop menjadi lebih cepat.
  2. Menghapus file yang tidak di perlukan yang berada di folder "Prefect". Caranya: Buka drive C>>Windows>>Prefect, kemudian hapus semua file dalam folder tersebut.
  3. Jika masih lambat, cara mempercepat kinerja laptop berikutnya adalah dengan menghilangkan tampilan visual pada windows (khusus windows 7), caranya: Klik Start Menu lalu cari "Adjust the appearance and performance of windows". Setelah ketemu silahkan klik untuk membukanya, setelah terbuka pilih "Adjust for best performance".
    Catatan: Dengan memilih "Adjust for best performance" maka tampilan windows menjadi sedikit berbeda, jika tidak suka silahkan pilih seperti semula.
Itulah beberapa tips tentang Cara Mempercepat Kinerja Laptop / PC yang lambat dari saya, semoga dapat memberikan manfaat buat anda semua.

Comment Policy : Jika anda punya pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik dan bijak. Dilarang keras berkomentar dengan unsur kekerasan, porno, provokasi dan rasis, jika ada komen yang demikian akan segera dihapus oleh admin.

1 komentar:

  1. Terimaksih atas infonya Gan. Sangat membantu. baru belajar ni..

    Salam Kami http://www.cyberdetik.com

    ReplyDelete

Top