Pendiri Google dan Sejarah Awal Mula Google Diciptakan

Google merupakan sebuah perusahaan Internet asal Amerika Serikat yang semua produknya berhubungan dengan internet. Salah satu produk unggulannya yaitu Search Engine milik google yang mendunia, semua orang di seluruh dunia menggunakan kolom pencarian google untuk mencari berbagai hal di Internet.
Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.Sebagian besar labanya berasal dari AdWords. ( wikipedia )

Siapa Pendiri Google ?

Google didirikan oleh dua orang bernama  Lawrence Edward "Larry" Page dan temannya bernama  Sergey Mikhailovich Brin atau yang lebih di kenal Larry Page dan Sergey Brin pada saat mereka masih kuliah di stanford university, California , Amerika Serikat. Larry Page lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973 sementara Sergey Brin lahir di Moscow, Rusia, 21 Agustus tahun 1973.
Larry Page dan Sergey Brin menciptakan google sebagai sebuah perusahaan pada tahun 1998. Lalu apa tujuan atau misi didirikannya google? Google di dirikan dengan mengusung misi “mengumpulkan informasi seluruh dunia dan menjadikannya dapat dengan mudah di akses oleh orang banyak”.

Sejarah Google Didirikan

Google didirikan oleh  pertemuan tidak sengaja dua orang pemuda (Larry Page dan Sergey Brin ) pada tahun 1995 silam. Pada saat itu larry berumur 24 tahun sementara sergey 23 tahun. Kedua pemuda ini sering berbincang mengenai dunia komputer mereka juga sering berbeda pendapat dalam perbincangan-perbincangan yang mereka lakukan sehingga tak jarang menimbulkan perdebatan. Namun siapa sangka, dari perdebatan tersebut mereka membahas  bagaiman cara mendapatkan kembali data dari sebuat set data masif.

Dari hasil perbincangan tersebut muncul lah ide mereka untuk membangun sebuah Search Engine ( mesin pencari ) bernama Backrab. Awalnya Backrab mereka hanya dikenal seputaran kampus saja, kemudian mereka terus mengembangkannya sampai tahun 1998 mereka mencari investor untuk pengembangan lebih lanjut.
Larry dan Sergey mempresentasikan Backrab kepada seorang investor bernama Andy Bechtolsheim. Dari hasil presentasi tersebut andy setuju untuk menginvestasikan uang untuk pengembangan backrab sebanyak $ 100.000. sang investor memberikan uang dalam bentuk cek yang di tulis atas nama google.
Namun pada saat itu Google belum didirikan, sehingga mereka tidak bisa mencairkan dulu dana di cek tersebut apabila sebuah perusahaan bernama google tidak didirikan. Kemudian berdasarkan nama Google di cek tersebutlah akhirnya perusahaan Google resmi didirikan pada tanggal 7 september 1998 di Menlo Park, California.

Apa Saja Daftar Produk Google ?

Search Engine Google
  • Google Search : Salah satu faktor kesuksesan Google adalah karena Search Enginenya ( mesin pencari ) yang terkenal dan mendunia. Dimana pada tahun 2007 mesin pencari google menempati peringkat pertama dengan persentase 53,6% kemudian disusul search engine Yahoo deangan persentasi 19,9%. Sistem Crawler (perayap) di mesin pencari google akan mengindek miliyaran halaman web sesuai keyward ( kata kunci ) yang diketik pada kolom pencarian google.
  • Google Map : Ini merupakan layanan pencarian untuk menelusuri dan melihat peta melalui aplikasi mobile maupun komputer.
  • Google Earth : Adalah layanan untuk melihat peta bumi. Sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail.
Komunikasi 
  • Gmail : Sebuah layanan email berbasis web milik google yang dapat digunakan secara gratis.
  • Google Drive: Sebuah layanan dari google untuk penyimpanan data secara online yang akan memudahkan anda untuk dapat mengaksesnya kembali kapanpun dan dimanapun. Anda hanya perlu membuat email google ( gmail ) untuk dapat menikmati layanan ini.
  • Google Docs : Seperti namanya, ini merupakan layanan untuk menyimpan dokumen.
  • Google Chrome : yaitu sebuah aplikasi browser yang telah dipakai banyak orang.
Periklanan
  • Google Adsense : Merupakan publisher iklan yang ditawarkan kepada pemilik web. Jika anda mempunyai sebuah web atau blog anda dapat mengajukan atau mendaftar web atau blog anda ke Google Adsense agar dapat menjadi rekan bisnis google. Banyak yang sudah menghasilkan puluhan juta tiap bulannya dari google adsense.Google Adwords : Merupakan platform  pengiklan dari google dimana kita dapat memasang iklan melalui google adwords, kalau yg ini kita yang harus bayar ke google untuk menampilkan iklan kita apakah itu iklan bisnis, produk dll. 

Comment Policy : Jika anda punya pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik dan bijak. Dilarang keras berkomentar dengan unsur kekerasan, porno, provokasi dan rasis, jika ada komen yang demikian akan segera dihapus oleh admin.

0 komentar:

Top